Saturday 11 February 2012

Modul PENGANTAR TENTANG FILSAFAT

Filsafat, sebagaimana selama ini sering didengar merupakan induk dari ilmu pengetahuan. Dapat dikatakan bahwa seluruh disiplin maupun sub disiplin ilmu pengetahuan yang ada saat ini merupakan penjabaran dari satu hasil pemikiran yang hakiki yang biasa dikenal sebagai filsafat. Secara eksplisit dapat juga disimpulkan bahwa tanpa adanya pemikiran akan sesuatu yang asasi tersebut maka tidak akan pernah ada ilmu pengetahuan seperti yang digeluti umat manusia masa kini.
Ilmu sejarah sebagai sub disiplin dari ilmu pengetahuan sosial memiliki dasar pemikiran hakiki tentang kesejarahan itu sendiri, dasar pemikiran tersebut adalah filsafat sejarah. Oleh karenanya dalam mengkaji ilmu sejarah diwajibkan pula untuk mendalami filsafat sejarah, dan untuk mengkaji filsafat sejarah maka diharuskan terlebih dahulu mengenal filsafat itu sendiri.
Pada modul pertama ini Anda akan diantarkan pada suatu pemahaman mengenai apa sebenarnya filsafat itu, apa tujuannya dan apa saja karakteristiknya. Mudah-mudahan Anda dapat memahami secara menyeluruh apa yang akan diuraikan dalam modul ini, sebab hal itu akan menjadi landasan dalam mempelajari modul-modul berikutnya.
Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat:
  1. mendefinisikan filsafat
  2. mengidentifikasi obyek filsafat
  3. mengeksplorasi tujuan filsafat
  4. mendeskripsikan karakteristik pemikiran filsafat
Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting dikuasai oleh seorang guru sejarah maupun sejarawan. Pemahaman guru sejarah maupun sejarawan akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana guru tersebut mengajarkan materi sejarah, selain itu juga berpengaruh terhadap bagaimana seorang sejarawan merekonstruksi peristiwa sejarah.
Untuk membantu Anda mencapai kemampuan-kemampuan tersebut, dalam modul ini disajikan pembahasan disertai latihan dalam butir-butir uraian sebagai berikut.
  1. definisi filsafat
  2. obyek filsafat
  3. tujuan filsafat
  4. karakteristik pemikiran filsafat

Agar Anda berhasil dengan baik dalam mempelajari modul ini, ada beberapa petunjuk belajar yang dapat Anda ikuti.
  1. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Anda memahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari modul ini.
  2. Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dan kata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-kata kunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki.
  3. Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melalui pemahaman sendiri dan tukar pikiran denga mahasiswa lain atau tutor Anda.
  4. Jika pembahasan dalam modul ini masih dianggap kurang, upayakan untuk dapat membaca atau mempelajari sumber-sumber lainnya yang relevan untuk menambah wawasan Anda dan mengadakan perbandingan-perbandingan.
  5. Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan latihan dalam modul dan melalui kegiatan diskusi dalam kegiatan tutorial dengan mahasiswa lainnya atau teman sejawat sesama guru.
  6. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal yang dituliskan pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan benar kandungan modul ini.
silakan di download

Modul filsafat
border="0"

Power Point Dosen

border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"
border="0"

 


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment